Monday, December 16, 2013

Disappointed.



Sebelumnya, gue mau minta maaf. Gue nggak bermaksud ngejelek-jelekin kalian di belakang. Gue cuma bingung, harus cerita ke siapa dan gimana. Jadi, gue pikir, curhat di blog adalah hal teraman dan ternyaman yang bisa gue lakuin untuk….seenggaknya untuk meredakan emosi gue.

Gue udah ngerasain hal ini sejak setahun lalu, saat kita masih duduk di kelas 2 SMA semester 2. Gue udah ngerasa nggak nyaman sebenernya di Megaloman. Bukannya gimana-gimana, gue mikir gue nggak pernah di anggep sama kalian.
Gue selalu jadi orang yang terakhir tau masalah di Megaloman. Gue selalu jadi orang yang terakhir di ajak kalau Megaloman mau pergi kemana-mana. Kalau kalian mau jalan-jalan bareng, gue pasti yang tau nya telat. Itu juga dari orang. Gue selalu jadi orang terakhir yang di tanyain pendapat. Itu juga sukur-sukur kalo di denger.
Kalo emang kalian nggak mau nganggep gue anak Megaloman, yaudah nggak apa-apa kok. Gue bisa mundurin diri. Daripada kalian terpaksa deket sama gue cuma karena formalitas.

Udah gitu, gue ngerasa kita nggak pernah terbuka satu sama lain. Munafik. Selalu ngomongin orang di belakang.
Gue nggak mau nyebutin siapa-siapa aja yang saling nikam dari belakang. Yang jelas, gue sering dicurhatin sama si A, si B, si C. Dan semua saling ngejelek-jelekin satu sama lain. Gue ngerti sih, ngegosip itu emang enak. Kayaknya asik aja kalo udah ngebongkar aib orang. Tapi….bukannya kita temen.? Bahkan lebih dari itu, bukannya dulu kalian bilang kita ini keluarga?

Gue tau kok, di antara kalian, ada yang ngomongin gue. Bahkan, gue tau siapa-siapa aja orangnya. Cuma selama ini gue diemin aja. Gue males berantem cuma karena masalah nggak jelas. Tapi lama-lama gue juga eneg. Dan akhir-akhir ini emosi gue memuncak. Nyaris sampai titik didih.

Gue tau kok, di antara kalian ada yang pernah bilang “Gue males sebenernya ngedance sama Vira. Kalau ngedance sama dia tuh, kita musti ngikutin maunya dia”
Oke, gue cukup sakit hati dengernya. Selama ini, selama kita latihan, gue selalu nanya kan tentang pendapat kalian, gerakannya sesuai nggak sama beat lagunya, ada yang perlu dikoreksi apa nggak, dan kalian selalu bilang yaudah-yaudah aja. Setuju-setuju aja.
Tapi, kenapa di belakang gue malah ngomongnya lain?

Ada juga yang bilang katanya gerakan yang gue buat itu-itu doang. Please, kalian tau gue nggak bisa ngedance. Kalo kalian nyuruh gue bikin gerakan dance, ya gue pasti buatnya simple. Sesuai kemampuan gue.
Kalo emang gerakan gue jelek, ya kalian bilang aja langsung. Terus coba cari gerakan yang menurut kalian bagus. Jangan cuma bilang “gerakannya mendingan diganti deh, gue liatnya aneh tau” tapi giliran ditanya “jadi bagusnya gimana?” langsung ngomong “ya kita nggak tau, kita kan nggak bisa ngedance, Vir”
Hell! Semua orang juga bisa kalo cuma sekedar ngomong.

Dulu, gue nyaranin kita nyewa guru dance, kalian nggak mau. Buang-buang uang, sayang duit. Bilangnya “udah lah, gerakan mah kita buat bareng-bareng aja”.
Tapi, jujur aja ya, selama kita ngedance, gue nggak pernah tuh ngerasa kita buat gerakan bareng-bareng. Cuma 1-2 orang doang yang nyari gerakan. Yang lainnya pasif.

Lagian, maaf-maaf aja ya. Seandainya pun, gue bisa buat gerakan yang WOW, kalian bisa ngikutinnya?
Bukannya mau ngeremehin atau nyepelein kalian, tapi, gue tau kita semua tuh nggak ada basic dance sama sekali, badan kita terlanjur kaku dan nggak terlalu lentur. Jadi rasanya susah buat ngikutin gerakan dance yang professional.

Terus, sekarang lagi. Kalian bilang mau tampil dance buat acara Natal di sekolah. Lagi-lagi gue yang disuruh buat konsep sama gerakan. Gue coba buat konsep yang sekiranya gampang, unik, dan nggak pernah dipake orang. Pas gue kasih tau konsep gue gimana sama kalian, kalian setuju-setuju aja. Bahkan sampai ketawa-ketawa bareng gue.

Tapi, dibelakang gue kenapa ada yang ngomong “sebenernya gue nggak begitu suka konsepnya. Nggak jelas. Rada maksud”. Gue bukannya marah karena konsep gue di bilang nggak jelas. Gue nggak marah kok kalo kalian nggak nerima konsep gue. Gue tau persoalan apresiasi itu sifatnya subjektif.
Yang bikin gue marah itu, kenapa kalian musti ngomong dibelakang? Kalo emang nggak mau, bilang dari awal. Jadi biar kita atau at least, gue bisa nyari konsep yang lain.

Jujur aja, gue jadi males duluan mau ngedance sama kalian. Bukannya apa-apa, rasanya capek tau. Buat apa selama ini gue berusaha ngasih yang terbaik buat kalian, kalo endingnya cuma di hina-hina di belakang?

Gue ngerti kalian mau tampil untuk yang terakhir kalinya di Maria Mediatrix. Berhubung, ini tahun terakhir kita sebagai siswa disana. Ibaratnya, ini pertunjukan terakhir kita sebelum lulus. Tapi, sumpah, gue udah keburu males. Mending kalian aja yang tampil, gue cukup duduk di kursi penonton.

Kalau boleh jujur, bahkan gue sebenernya udah males temenan sama kalian. Dulu ada yang ngomong, “Mulai sekarang, Megaloman saling terbuka ya. Kalau ada masalah, omongin aja. Nggak usah ngomong di belakang. Nggak usah dipendem-pendem tapi malah jadi benci, nantinya. Kalau ada yang nggak suka satu sama lain, omongin aja secara baik-baik” dan kita berenam udah setuju sama komitmen itu kan.

Sekarang, gue tagih janji kalian. Mana yang katanya ‘saling terbuka’? Mana yang katanya ‘nggak usah ngomong di belakang’? Mana yang ‘nggak usah dipendem-pendem tapi malah jadi benci’?

Dari hati yang terdalam, gue ucapin maaf sebesar-besarnya kalo suatu saat kalian baca post ini, dan kalian ngerasa marah. Cuma gue udah terlampau jenuh, terlampau muak untuk selalu diomongin dibelakang.

Secara tulus, gue mau ngucapin terimakasih buat yang udah kita alamin selama ini. Terimakasih buat semua kegilaan yang udah kita lakuin bareng-bareng. Terimakasih buat semua ketawa-ketawa bareng yang kita lewatin selama ini. Gue nggak benci sama kalian kok. Gue cuma nggak akan lagi nganggep diri gue sebagai salah satu dari kalian. Kita temenan biasa aja. Nggak ada lagi Megaloman-Megaloman, atau Keluarga Sableng, atau The Sableng Family.

No comments:

Post a Comment