Tuesday, July 30, 2013

Cita-cita


Kalau bahas masalah cita-cita, to be very honest, sampai sekarang pun, gue juga bingung gue mau jadi apa.

Nyokap gue selalu ngebebasin anak-anaknya untuk memilih sendiri jalan hidupnya. Dari gue TK, gue mau jadi apa aja di bebasin. Nyokap gue berprinsip “Ini hidup kalian, kalian yang ngejalanin, jadi kalian bisa pilih jalan kalian sendiri. Mama cuma nuntun aja, bukan nentuin kalian mau jadi apa. Asal bisa tanggung jawab sama konsekuensi pilihan masing-masing, Mama nggak akan ikut campur”

Tapi, ya gitu deh. Pada akhirnya, gue yang gampang berubah pikiran ini jadi kebingungan sendiri bakal milih jalan apa.


Saat gue masih TK, gue kepengen jadi dokter hewan. Soalnya gue suka banget sama binatang. Lalu, saat gue kelas 3 SD, gue dikasih buku tentang astronomi gitu. Dan gue langsung tertarik. Akhirnya, gue beralih pengen jadi astronaut.

Saat SMP, pikiran buat jadi astronaut mulai luntur, saat nonton berita tentang pulangnya astronaut wanita (gue lupa nama dan asal negaranya) ke bumi setelah 40 tahun pergi ke antariksa sana. Mampus! Temen-temen gue udah keburu tua, gue baru pulang kampung ke bumi.

Akhirnya, saat SMP, gue kembali berniat jadi dokter. Tapi kali ini bukan dokter hewan. Gue mau jadi dokter bedah sekaligus spesialis penyakit dalam.

Tapi, saat lulus SMP, gue mulai sangsi jadi dokter. Soalnya biaya masuk fakultas kedokteran itu sampai ratusan juta. Sedangkan, gue bukan berasal dari keluarga berada. Udah gitu, prospek dapet kerja sebagai dokter mulai menipis, saking banyaknya peminat di fakultas kedokteran.

Then, gue memilih buat jadi arsitek. Tapi, lagi-lagi itu nggak bertahan lama. Saat kelas 2 SMA, gue mulai berpikir kalau kerja jadi arsitek di Indonesia itu susah. Soalnya peminat jurusan arsitektur itu banyak. Mirip sih kasusnya sama dokter. Peminatnya banyak, kursi yang di perebutkan dikit, saingan saat kerja makin susah.

Jadi, saat kelas 2 SMA, gue berpikir mau ngambil jurusan Teknik Sipil saat kuliah nanti. Lumayan kan, ngerancang pembangunan jalan, jembatan, bangunan. Pokoknya, yang berhubungan dengan kemaslahatan manusia.

BUUUUUT!

Gue sendiri lupa sejak kapan. Tapi, yang jelas, saat libur kenaikan kelas kemarin, gue tiba-tiba pengen masuk ke jurusan Teknik Perkapalan. Jadi, nantinya, kita di ajarin segala sesuatu tentang pembuatan kapal. Teknik Perkapalan itu beda sama Pelayaran. Kalau bahasa awamnya, orang-orang Teknik Perkapalan yang bikin kapal, orang-orang Pelayaran yang ngendarainnya. Got it?

Cuma, gue agak ragu nih. Di benak gue, sering banget terbesit pikiran “duh, gue bisa nggak ya masuk Perkapalan?” atau “gue bisa nggak, nih, ngejalaninnya?”.

Hal-hal semacam itu, lagi ngeganggu pikiran gue banget. Ngebuat gue jadi agak bingung untuk mengambil langkah mana yang baik.

Kadang, gue iri deh sama orang yang udah dengan jelas nentuin mau jadi apa. Kayak Jonathan, yang dari dulu udah bertekad mau jadi tentara atau polisi.

Sama Kim, yang dengan gamblang selalu bilang kalau dia ingin jadi seorang designer.

Diandra, yang inginnya jadi pemain theater atau sutradara film.

Jerry, yang mau bekerja di Perminyakan dan Pertambangan. Katanya sih, dia ingin Indonesia nggak perlu krisis minyak bumi lagi. ciee :’>

Gue iri sama mereka, yang dengan pasti tau kemana mereka musti melangkah. Nggak kayak gue, ragu-ragu, bimbang, dan takut. Sejujurnya, gue takut lho. Gue takut gue bakal tersesat dan akhirnya jadi terkatung-katung.

Gue nggak tau, nih, kalian ngerasain hal ini juga apa nggak. Gue, dilahirkan sebagai anak pertama. Dan, entah kenapa, gue ngerasa sebagai anak pertama itu, kita harus bisa jadi lebih baik, lebih maju, lebih hebat, dan lebih bisa di andalkan dari adik-adik kita. Termasuk dalam kehidupan di masa ke depannya. Soalnya, kalau kita nggak sukses, kira-kira, siapa lagi yang bisa diharapkan sama Mama-Papa, dan adik-adik kita?

Makanya, penentuan jurusan saat kuliah ini agak bikin gue gimana gitu. Gue rasa, gue lebih suka disuruh ngerjain soal-soal matematika deh, daripada ngomongin perihal cita-cita

No comments:

Post a Comment