Tuesday, June 11, 2013

Aku Anak Siapa?

Kalo diliat dari judul entri ini, rasanya gue kayak anak durhaka gimana gitu ye. Agak ambigu gitu kesannya. Tapi, sebenernya ide awal gue ngetik entri ini adalah karena gue sering banget kepikiran sama perkataan orang-orang tentang kemiripan gue sama saudara-saudara kandung gue.

Nih, gue ceritain ya…

Dari jaman gue kelas 2 SD, temen-temen gue sering banget masang ekspresi kaget pas ngeliat nyokap gue. Bahkan, banyak banget yang sering nanya “Itu Mama kamu beneran?” dengan muka yang seakan-akan bilang ‘lu anak pungut ye?’ .

Lu nggak tau rasanya gimana, ya? Bersyukurlah. Serius, gue nyuruh lu bersyukur kalau lu punya karakteristik wajah yang mirip sama orang tua lu. Kenapa? soalnya lu nggak bakal mungkin dapet kesan kalo lu itu keluar dari chiki berhadiah *dikata secengan*

Parahnya lagi, pas gue ceritain masalah itu ke nyokap, Beliau malah ketawa-ketawa sambil bilang gini “Waktu bayi, kamu Mama temuin di tong sampah deket rumah Eyang”

Idih… awalnya gue speechless lho denger perkataan nyokap gue. Bukan, ini bukan karena gue denger kalimat berkesan gue beneran anak pungut. Tapi lebih ke arah ‘Serius, bayi semanis gue ditemuin di tong sampah? Nggak ada tempat yang lebih layak apa?’ *minta diinjek massal*

Itu baru pas SD. Belom pas SMP.

Waktu SMP, ceritanya temen-temen gue baru ngeliat nyokap gue. Dan ada yang ngomong gini “Vir, itu serius emak lu?”.
Dan pas gue jawab iya, dia ngomong lagi “Kok muka nya beda sih, Vir? Itu ibu kandung atau ibu tiri”
ANJIIIR~! Gue nggak tau nih awalnya musti komen gimana. Gue sempet diem gitu beberapa detik, sampe akhirnya gue menemukan kesadaran gue yang sempat hilang dan berhasil menguasai diri gue lagi *halah*. In the end, ya gue tetep bilang dia nyokap gue. Faktanya juga gitu sih, mau bilang gimana lagi.

Ada lagi sih! Tapi, yang ini tentang gue sama adik-adik gue.

Gue pernah cerita nggak sih ke lu semua, kalo muka kami bertiga tuh nggak ada yang mirip satu sama lain?
Belom ya? Ah masa? Serius nih, jangan bohong gitu! *minta digampar*

Oke, serius ah.,.

Jadi, pas gue kelas 3 SMP, gue pernah dijemput sama Jonathan. Dan lu tau nggak sih, apa yang ditanya sama temen-temen gue? Pasti nggak tau. Iyalah, gue aja belom cerita *ditabok pake drum*

Temen-temen tongkrongan gue ((aseekk.. ceritanya gue anak gaul)) pada nanya gini “Vir, itu cowok lu ya?”, sambil nunjuk-nunjuk ke arah adik gue. Ya jelas dong gue sanggah, masa iya selera gue turun tangga ((kalau Atan tau, gue pasti tamat.))

Gue bilang dia adik gue yang pertama. Eh muka temen-temen gue langsung pada jelek, berasa lagi nahan pipis ekspresinya. Terus, ada yang nyeletuk “Woah, Vir, lu anak pungut kali. Muka nggak ada mirip-miripnya sama keluarga”

WUUSSSHH~!

Mungkin, kalo ini di sinetron kacangan, bakal ada efek angin dingin dan ekspresi kesamber petir disiang bolong. Terus nanti ceritanya gue bakal kepikiran dan akhirnya nanya ke Mama, “Ma, aku anak Mama apa bukan sih? Kenapa aku berbeda?”, dengan ekspresi paling menyedihkan yang bisa gue tampilin.

Tapi, sayang, ini di dunia nyata. Dan di dunia nyata, gue nggak bakal ngelakuin hal sedramatis itu. Soalnya yang ada nanti Nyokap gue bakal nyiprat-nyipratin air ke muka gue gara-gara nyangka gue lagi kesurupan Jin Ri Choi, si member girlband f(x) *mulai hilang fokus*

Back to topik! Gue lumayan lupa kan kita bahas apaan *jder*,

Pas denger kalimat itu, gue nggak tau sih, apa yang gue rasain. Gue kadang emang agak heartless gimana gitu. Cuma yang jelas, gue jadi mikir ‘emang sebeda itu ya, tampang gue sama keluarga gue?’

Dan akhirnya, pas udah sampe dirumah, mulai deh gue perhatiin muka gue sama adik-adik gue. Kalo dari sudut pandang gue sih, kita bertiga lumayan mirip. Cuma ya bedanya, kulit gue agak putih, mereka emang cenderung berkulit gelap. Tapi udah gitu doang.

Pas SMA juga…

Kali ini, kakak kelas gue, pas ngeliat gue boncengan sama Jonathan, yang waktu itu masih SMP, mereka nanya ke gue, “Vira, kamu pacaran sama anak SMP yang tadi ya? Ciee brondong…” Nah, gue udah lumayan kebiasa denger komentar semacam ini, jadinya gue agak bisa ngehandle ekspresi gue biar nggak keliatan bego-bego amat.

Dengan santai, gue bilang kalo dia (Jonathan) itu adik gue. Dan, akhirnya malah mereka yang berekspresi bego. HUAHAHA *jahat*


Tadi itu baru Mama sama Jonathan, kan? Kapan-kapan gue ceritain tentang Papa sama Novita. Kenapa harus kapan-kapan? Ya, karena gue males ngelanjutin ngetik. *jder*

2 comments:

  1. knp gk coba bikin buku kumpulan cerpen ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saya nulis ini cuma demi kepuasan pribadi doang HAHAHA

      Delete