Sunday, December 23, 2012

aku terlanjur mencintai Indonesia.

Gue lahir di Indonesia, 16 tahun lalu. sampai sekarang pun gue masih tinggal di Indonesia. Gue pernah kepikiran "bisa nggak ya, gue ninggalin Indonesia?" oke mungkin kadang gue ngerasa kesel setengah mampus sama pemerintahannya, sama kemacetannya, sama polusinya, sama demo disana sini juga korupsi.
Tapi jauh dari itu, gue nggak bisa bayangin kalau gue ada diluar negeri. Entahlah gue sering mikir apa gue bakal cocok sama tanahnya? sama airnya? sama makanannya? sama udaranya?

Gini-gini biarpun tinggal di Indonesia yang penuh polusi, gue udah terbiasa. Bakal mungkin gue udah kebal sama panas mataharinya yang gokil-gokilan. Coba gitu gue pindah ke Rusia, mungkin ngga sampe 5menit gue nyemplung ke minyak panas saking nggak kebiasa sama udara dingin disana.

Baru-baru ini gue nonton film karya anak bangsa, 5CM. Dan itu salah satu film terbaik yg gue tonton. Nyaris ngga ada effect komputer, semua asli. ASLI INDONESIA! Bahkan padatnya stasiun Senen pun beneran diperlihatkan secara asli.
Dan gue setuju sama isinya, tentang kecintaan sama negeri sendiri, tentang perjuangan meraih impian,  tentang kerelaan untuk mengalah, tentang ketulusan dalam pertemanan.

ada salah satu temen gue yang bilang. "Mungkin Paris terkenal romantis dengan latar belakang warna cokelat musim gugur dan Menara Eiffel. Mungkin Korea terkenal lembut dengan dominan warna hijau Pulau Jeju dan biru-nya Sungai Han. Mungkin Amerika terkenal glamour dengan gegap gempita Los Vegas dan LA. Tapi Indonesia itu eksotis.... dilatarbelakangi warna jingga langit senja, warna biru lautan yang luas, warna hijau dari rangkaian ribuan pulau"

dan ya, gue akuin gue udah terikat terlalu jauh dengan Indonesia. gue udah terlanjur mencintai Indonesia. gue udah terperosok terlalu dalam kedalam pesona negeri gue, Indonesia.

kalau Paris punya pasta, maka Indonesia punya bumbu kacang. Kalau Korea punya kimchi. Indonesia punya rujak! uyeaaah \m/

No comments:

Post a Comment