Friday, October 19, 2012

i miss the old rpw :|

oke gue tau ini amat sangat telat. mungkin ada beberapa yang tau gue ini roleplayer dan agak menjurus mafia juga. Dan buat yang belum tau jangan tanya apa itu roleplayer pleaaaase, gue capek jelasinnya.

oke, lanjut cerita ya?
gue baru jadi roleplayer tahun 2012 ini, tepatnya bulan Januari 2012. 9hari sebelum Imlek. Awalnya gue main di bbm sebagai Henry Lau SJ-M.
Pertama kali nge-roleplay itu astaga.....rasanya kayak lu bisa temenan sama orang tanpa perlu mandang background dia gimana, real dia apa, pokoknya semua murni pembawaan karakter dia lewat tulisan. Dan itu agak amazing buat gue.
Secara ya lu pikir aja, gue bisa deket sama orang lain tanpa tahu dia itu cowok atau cewek, umur berapa, sekolah dimana, nama realnya siapa. Hoki lu sih kalo dia mau kasih tau, nggak pun juga nggak apa-apa karena emang sebenernya aturan roleplay itu nggak boleh ngebuka identitas real kan?
Gue bisa "gila-gilaan" dalam batas wajar dan it's such a priceless momment. Imajinasi lu musti dipake habis-habisan buat bikin semacam plot drama.

tapi, pasti semua ada batasnya. Lama kelamaan gue mulai jenuh sama dunia roleplay di bbm, banyak yg bc nggak jelas, ditambah komentar sejumlah orang yang kenal gue direal life tentang rp ini. Ya alay lah musti ganti-ganti DN BBM, ya norak lah sok ngartis gitu, ya faker lah. Belum lagi ada beberapa temen yg mendadak 'ngga kenal' sama gue karena dn gue yg berubah.

Akhirnya gue mutusin main rp di twitter. Lumayan susah karena awalnya gue masuk agency internasional tapi disitu gue berusaha belajar total. Sekalian belajar Inggris gitu kan?
Sampe akhirnya gue ada masalah di agency intl itu :\ penyebabnya simple sih: fake relationshit in roleplay yang endingnya berujung-ujung sinetron.
Ya kayak yang tadi gue bilang sih "imajinasi lu musti dipake habis-habisan buat bikin semacam plot drama" karena emang begitulah roleplayworld.

Nah tapi entah sejak kapan ya, secara gue sempet hiatus juga bulan Mei 2012 dan baru balik nyaris sebulan setelahnya, gue ngerasa rpw berubah total.
Yang tadinya para roleplayer itu berusaha mati-matian ngejaga image idol dan bikin citra sebaik-baiknya agar makin banyak fans idol mereka

Yang tadinya jangankan ngebongkar identitas real, curhat tentang real life aja masih jarang. Semua berfokus pada roleplay dan dramanya.

Yang tadinya para roleplayer jangankan memproklamirkan diri "yadongers", ngomong agak kasar aja segan.

Yang tadinya para roleplayer sebisa mungkin nyiptain drama yang baru dan seru biar ngga monoton.

Yang tadinya para roleplayer berusaha sebanyak mungkin dapet temen di rpw dan gila-gilaan bareng sama semua rp.

SEMUANYA ITU BERUBAH TOTAL!

Entah siapa yang mulai, sekarang roleplayer cenderung frontal dan kasar. Ada masalah dikit sama salah satu RP, mainnya nyindir. Okelah masih lumayan bagus kalau nyindir, ada juga yang langsung mention-mentionan pake bahasa kasar dan akhir-akhirnya saling ngebash.

Sekarang, para roleplayer dengan bangganya nulis "yadongers" dan nggak jarang juga yang ngesex ditimeline. Bahkan baru-baru ini ada rp baby yang BARU 4 TAHUN udah ngerti ngesex. Hell! Dipikiran gue "anak umur 4tahun lu jadiin pelacur? OTAK!"

Sekarang, liat aja timeline orang-orang isinya tentang real life semua. Nggak jarang juga ada yang nyebar foto, no hp, pin bb real.

Sekarang, hakikat roleplayworld sebagai dunia penuh drama dan imajinasi hilang! digantiin sama sensasi abis-abisan dan sarana ngalay nggak mutu.

Sekarang? boro-boro gue bisa nyari temen baru. Para roleplay main gank-gank an sendiri.

Gue bisa ngerti kalo roleplayer sekarang lebih banyak dari pertama kali gue main rp cuma........gue kangen roleplayworld yang dulu. Entah kemana orang-orang yang dulu seneng ngedrama dan penuh imajinasi kreatif, yang sering buat cerita baru di rpw.
Pengen nangis rasanya liat roleplay sekarang bener-bener berubah.

Bahkan temen gue yang sempet jadi roleplayer pernah bilang "sekarang, entah kenapa dimata gue roleplayer itu 100% bersifat merusak. Ya dari pelacuran diri dengan minjem nama idolnya, dari penghinaan terhadap idol lain, dari kata-kata kasar yang sering terucap. Miris"

seandainya gue bisa gue pengen cari para roleplayer yang 'dulu'.
seandainya gue bisa gue pengen ngebalikin roleplayworld kayak dulu.
seandainya gue bisa.....

55 comments:

  1. Setuju banget gue juga mulai asing ama rp yg skrg terlalu banyak yg kaya bocah di baperin terud di maki2 abis2 pokoknya parah banget ya tuhan kgn banget rpw 2010

    ReplyDelete
  2. Ya walaupun aku baru tahu rp awal tahun ini, tp bneran masa rp anak kecil udh tau kapelan, trus bc an yg ngesex gitu. Merusak pikiran bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kamu bilang baik-baik deh ke orang tersebut. kalo dulu, aku sih malah diceramahin balik dengan kata-kata "kalo nggak suka, ya unfollow aja" HEHEHEHE

      Delete
  3. Hahahaha setuju.. fake dimana-mana, sekarang rp bbm aja banyak banget yang OOC dari karakter idol.. which is .. gila.. parah, terus juga sekarang nih ya kalo chattan dkit ga wajar banget haha pasti ada aja yg menyangkutpautkan dengan rl, its okay sih, gw juga pernah nongkrong di darat sama temen rp.. tapi kan you know lah semua ada batasnya.
    Jaman dulu rp masih manggil oppa, eon, hyung sekarang? Chara 98 97 99 yg manggil ke yg lebih tua aja udah asal lo gua. Dont bash me plz gw curhat gini cuga krna ngerasain juga perbedaannya:"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kka setuju.. sebenernya juga rp skrng bnyk berubah dari awalan aku main rp, mungkin emng kesalahan dari diri kita masing" mungkin ya kka

      Delete
  4. Gw juga gitu gw lupa kapan gw main rp tapi gw dah lama main dan apa yang lu bilang semua bener yang namanya oppa hyung noona itu sekarang jarang gw juga kangen rp lama yang sering chattan bareng seru seruan bareng main drama juga seru jadi kagak ngebosenin apalagi jaman sekarang DN rp bbm aja dah melencong dari nama artis yang dia rpin.

    ReplyDelete
  5. Seriusan gue setuju sama lu , gue kangen rp yang dulu yang bener bener kita nge rp bukan cuman carsen , ya mungkin anak anak rp lawad itu cuman beberapa karena emang sebagian bnyak yang emang udah out rp , but rp sekarang terlalu parah menurut gue , rp dijadiin tembat buat muasin nafsu , rp juga dijadiin tempat nyari jodoh :')

    ReplyDelete
  6. Setuju ey wkwk.
    Mau berbaur sama rp yang sekarang mah udah susah deh seriusan. bukan gimana2 tapi gua aja yang masalah berbaur gampang bgt, sekarang liat situasi anak rp yg kaya gini jadi susah wkwk. :v

    ReplyDelete
  7. Gua kenal rp dari temen awal tahun ini. Pas pertama di kenalin ama temen dia cerita kalo rp tuh asik, bisa dapet banyak temen bla bla bla. Dan akhirnya gua putusin buat main rp di bbm. Awal maen gua dapet temen baik2 banget karna gua newbie jadi masih banyak kata2 yg gua ga ngerti.dan mereka mau ngejelasin dengan detail apa yg belom gua tau. Sampe akhirnya gua punya banyak temen deket ya bisa di bilang bestie. Gua atau mereka juga ga pernah ngomongin real life. Semuanya pure bener2 ngejiwain karakter banget. Cuman sekarang orang2 yg gua kenal udh pada ga main rp lagi. Dan rp sekarang dikit2 nomongin rl. Kalo rl namja pasti bakal di respon banget coba yeoja heleh~ yu know lah. Pokoknya gua jadi rada gimaba gitu sama rp. Udah ah intinya gitu kwkw malah curhat di sini-,- . Intinya buat yg nulis postingan ini gua stuju dengan kata2 lu ya walopun gua bukan rpw 2012 ato 2010 kwkw ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini! kalo realnya cowok, pasti rp lain pada heboh. terus mulai banyak fans, dan akhirnya ditanyain umur dimana, domisili berapa, sekolahnya siapa, namanya apa.

      kayaknya disini ada yg salah dengan kata-kata gue :|

      Delete
    2. LMAO SETUJU PARAH ! SEBEL EW KWKWKW

      Delete
  8. Gue aja yg baru join rp awal tahun ini terus off rp dan back lg akhir tahun ini bisa ngerasain perbedaanya itu.. :(

    ReplyDelete
  9. Gua sebel banget sama rpw skrg. Gua bingung harus ngapain, di sapa , gua dikacangin, gua kaga nyapa, gua dibilang kontak kacang/ pajangan �� sedih adek .
    Gua juga ga suka dijutekin, kalo gua blg "jangan jutek2 ya kalo jutek gua gigit loh ;* " eh malah cuma dibales "iya" kan tai :) wkwkwkwkwkwkwk
    Gua jg sebel akhirnya gua tulis pm "jd orang jutek amat, jadi rpw jangan jutek2, tujuan main rp tuh buat nambah temen" eh gua di komen sama satu rp , "kalo dari brojolnya udah jutek gmna. Ga suka dc aja. Rempong amat " �� jir ngakak wkwkwk harusnya bisa ngurangin sikap juteknya itu lah. Kalo dia mau org nerima sikap juteknya, dia harus bs nerima kalo org gasuka sm sikap jutek . Seenggaknya jangan nyolot gt. Gua join rp itu maret 2013. Gua jd rada sedih kaga bisa ngerasain gimana enaknya main rp �� cuma nyapa aja, dikatain jjkp wkwk . Cape gua

    ReplyDelete
  10. gua juga rada jijik sama rp sekarang. ya kalo lu bener bener niat main rp ya main yg bener lah. sekarang banyak kasus rp yg hamil rl nya gegara main rp ydg. gua sih gak ngelarang lu main rp jenis apa yang penting jaga rl lu jangan sampek kayak gitu. gua juga rada jijik sama rp yeoja, gua tau gua yeoja tp gua charain rp namja. buat rp yeoja jangan terlalu lebay, alay, jjkp, terutama baper. boleh lah baper tp jangan berlebihan. kalo ada rp namja pakek emot di kata TG kalo rp namja yg dingin dikata songong RP YEOJA JAMAN SEKARANG. apa perlu main rp ngasih tau rl nya?! boleh lah lu tukeran pict/no rl gapapa asal jangan berlebihan lah. percuma lu nanya domisilinya dimana ujung ujungnya gak bakal ketemu kecuali sih satu kota wkwk. gua main rp dari 2012 sampek sekarang. dan gua kangen rp 2012! gak ada bash bashan, sok pemez. kalo mau pemez mending jangan di rp di rl lu ae :v

    ReplyDelete
  11. gua juga rada jijik sama rp sekarang. ya kalo lu bener bener niat main rp ya main yg bener lah. sekarang banyak kasus rp yg hamil rl nya gegara main rp ydg. gua sih gak ngelarang lu main rp jenis apa yang penting jaga rl lu jangan sampek kayak gitu. gua juga rada jijik sama rp yeoja, gua tau gua yeoja tp gua charain rp namja. buat rp yeoja jangan terlalu lebay, alay, jjkp, terutama baper. boleh lah baper tp jangan berlebihan. kalo ada rp namja pakek emot di kata TG kalo rp namja yg dingin dikata songong RP YEOJA JAMAN SEKARANG. apa perlu main rp ngasih tau rl nya?! boleh lah lu tukeran pict/no rl gapapa asal jangan berlebihan lah. percuma lu nanya domisilinya dimana ujung ujungnya gak bakal ketemu kecuali sih satu kota wkwk. gua main rp dari 2012 sampek sekarang. dan gua kangen rp 2012! gak ada bash bashan, sok pemez. kalo mau pemez mending jangan di rp di rl lu ae :v

    ReplyDelete
  12. Sumpah,gue juga maen rp baru bbrp hr ini, danbgue ngerasa kalo di rp itu bisa buat sarana maen phone sex, apalagi Gue baru tau kalo ternyata di rp juga ada cabe cabean..... najisin banget

    ReplyDelete
  13. Setuju banget. Pertama join rpw tahun 2012 akhir di twitter dan join rp bbm juli/agustus 2013. Sumpah kangen banget sama fams fams pas awal join rpw kangen bestie pas awal join rpw. Kangen semuanya, kangen dramaan. Kapan ya rpw kek dulu lagi.

    ReplyDelete
  14. Ya jaman sekarang juga ada SQ yadong kan? Bnyak banget sq yadong bertebaran. Gua rada jijik sebenernya. Ngeshare poto sex , sex digrup dalam artian lo bebas ngapa2in selagi itu menyangkut pautkan sex. Dan gua pandang rp sekarang, kalo ada yg TG pasti dibash, bukannya rp itu fakeworld? Gak mandang real kan? Secara, gua juga sering ngeTG dan untung banget gua dapet kerabat rp yg mau nerima gua. Ya tapikan kasian buat rp TG . SESAMA MAKAN NASI NGAPAIN BASH COBA? KAN YANG PENTING SELAGI DIA BISA JAGA IMAJE SI ARTIS, FINE AJA TUH. Dan satu hal, sering gua nemu kata2 "main rp itu gak usah baper toh cman fake" so? Gak usah baper? Tpikan kita punya perasaan. Gua bingung maunya apa sih?

    ReplyDelete
  15. setuju banget. rp yang manggil make 'oppa' dibilang sok imut. hell ya~

    ReplyDelete
  16. Gua juga kangen Rp dulu, dulu gua juga main Rp awal 2012, gk ada tuh yg pake kata kasar, kaya anjing lah, bangsat lah (maaf) dan gk ada tuh yg bc tentang desah2 gk mutu itu, jujur aja gua juga bosen main Rp sekarang, soalnya udh beda sama yg dulu, dan gua pernah dapat cerita dari salah satu anak Rp fb bilang, rpw sekarang bukan Rpw lagi! Melainkan RPYD, dan temen Rp gua di line pan org Malaysia, dia bilang, Rp Indonesia itu dikit2 nge bully, main yd terus, gk pernah pakai otak, gua sebagai rpw Indonesia nangis lah, coba aja rpw 2012 gk pada off Rp atau hiatus, pasti rpw sekarang gk seburuk ini, Rp aja sampai masuk koran di Palembang, dan gua takut artis yg kita pinjam namanya itu membenci Rp indonesia

    ReplyDelete
  17. gue ga nyalahin siapapun menurut gue emang ini udah resiko karena sejak rp muncul hingga sekarang tidak ada peringatan dan rules yang tegas tertulis. jadi buat rp pendatang baru yang tidak tahu menahu bagaimana atitude rp 2012 dll hanya mengikuti kondisi rp yang sudah ada, yang semakin kekinian semakin rusak.

    ReplyDelete
  18. Perkembangan gabisa di hindarin, mau gak mau yah apa apa pasti berubah

    ReplyDelete
  19. Guys guys.. intinya sama aja sih.. pen berubah tapi, ya kita semua tau kalo sifat orang itu beda2, gimana dari cara dia tanggepin ini dan itu di rp, selama gak sampe merusak chara dan melewati batas gw harap sih gak akan ada kejadian yg lebih parah di rp setelah ini,
    main sewajarnya, seperlunya, gak usah nge fake yang berlebih di sana hanya karna cari sensasi dsb.. kita semua temen di rp, krna sama2 suka di wadah yang sama (kpop) itu aja sih xD
    Intinya saling menghargai aja :) soal baper atau apalah, itu wajar, manusiawi. Jangan sampe berlebihan aja. Masa baper gara2 game sih kan ga lucu xD

    ReplyDelete
  20. Setuju nih (y) gua main rp dulu ga kaya gini. Nah sekarang? Parah berrubah Total

    ReplyDelete
  21. Roda bakal berputar, itu aja sih gamungkin kali rp sama terus. Ya mikir panjang aja ya, banyak faktor yang susah di lawan/? Dan nyebabin rp kaya gini, faktot zaman juga, kalo gua sih mikir itu tuh biasa aja, ini cuma perubahan zaman aja, gini deh kalo lu ga ngerti gua kasih perumpamaan misalnya temen lu, temen lu emang bakal terus baik ke elu? Bakal terus perhatian sama lu? Makin kesini temen lu pasti berubah kan? Sama kaya rp lu juga harusnya wajar aja sih kata gua . Perubahan itu wajar, semua hal gaakan sama selamanya kan? Wajahlu aja gaakan sama selamanya. Gua juga pertama main rp tahun 2012 tapi gua wajar aja sih sama perubahan rp sekarang. Lol kalian cuma mikir satu sisi doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan mikir satu sisi, tya. kembali lagi sih sebenernya roleplayer itu buat apa.

      Kita nggak bisa bawa masalah faktor jaman, kalau disini ada yang "melacurkan" diri tapi minjem nama dan foto orang lain.

      Soalnya, percaya atau nggak, suka atau nggak, roleplaying itu sedikit atau banyaknya membawa pengaruh terhadap image artis yang kita pinjem nama dan fotonya.

      Apalagi menurut pengalaman gue, ada RP anak kecil yang udah ngebahas tentang sex. Dipikiran gue adalah "si XXX, umur nya 4tahun, tapi udah paham hal-hal dewasa dan omongannya pun nggak pantes"

      itu bisa di bilang "wajar lah, namanya juga perubahan jaman"?

      Delete
  22. Gua setuju sama lo,gua juga binggung kenape banyak yang suka ngebash satu sama lain,gua kasian sama artis yang dia pake gua harap juga rpw sekarang bisa berubah:'))

    ReplyDelete
  23. That true! Sekarang rpw berubah 100% gua kangen rpw 2012. Btw gua rpw 2012^^ dan gua udh lama vakum rpw. Gua back rpw baru 2015 bulan juni kemaren. Lumayan lama gua vakum nya. Dan gua syok ketika gua back rpw berubah banget. Ada yg ngomong nya kasar, ngebash, yadongers, ngumbar foto yg ga enak di liat. Itu sama aja ngerusak idola sendiri. Karena apa? Karena kita cuma minjem muka mereka. CUMA MINJEM! Saran aja sih ya. Tolong deh buat jaga kata2 kalian. Kalau emang mau ngomong kasar jgn pake muka idola! DAN TOLONG BEDAKAN DUNIA RL DAN RP^^

    ReplyDelete
  24. Gw juga kangen hmm
    Gw main rp sekitar bulan agustus 2012
    Terus karena bosen yah pensi,pas sekarang akhir taun 2015,gw back etdahhh saolohhh
    Yadong dimana mana,bahasa kasar makanan sehari hari,saling menghina,dan ngesex langsung di grup grup gitu ,parah mank rpw jaman sekarang

    ReplyDelete
  25. Setuju banget. RPW sekarang berubah drastis... semoga RPW bisa kembali seperti dulu...

    ReplyDelete
  26. gua juga risih sama rp skarang makanya gua milih off mau coba balik lagi setelah ngelihat makin lama makin banyak rp yang OOC gua off lagi udah setenagh tahun lah gua off

    ReplyDelete
  27. Oh 1 lagi, lu kalo mau protes, protes langsung ke orangnya, jan cuma bisanya ngomel. Lu mau balik lagi ke rp dulu? Lu harus bertindak kali bukan malah banyakin curhat. Kerjasama sama oldrpw yang lain yang mau ngelawan perubahan. Dan balik ke old lagi. Banyakin aksi bukan ngomong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUAHEHEH dari nama blog gue aja udah ketauan kan kalau ini blog personal yg isinya cerita alay pribadi bukan kata-kata motivasi? xD

      anyway, sebelum dikasih tau, udah gue lakuin kok. gue udah ngomong langsung ke RP bocah yg gue sebut di cerita, dan tentang berusaha balikin rp kayak dulu udah pernah gue lakuin kok lewat adanya agency intl.

      cuma memang makin kesini roleplay ngalamin pergeseran makna.

      Delete
  28. baru buka bbm taunya banyak bgt bc ttg postingan blog ini wk heboh kali. salam kenal gue jg main rp dr 2012 dan gue jg kangen sm old rp, kangen dramanya,atitudenya dll.emang sih rp skrg pada OOC, dan gue termasuk rp yg ooc di bbm. orang2 pd pake dn yg ganyambung sama chara-nya, dan itu dianggap gaul. pertanyaan gue, emang salah klo rpw berubah? zaman berubah coy jelas rpw jg berubah makin lama makin kekinian. kalian yg gasuka rp berubah kalem aja rp gabakal bisa balik ke tahun 2012 kecuali kalian punya mesin waktu noh. klo masalah rp 2015 makin kesini makin rusak ya harusnya posting ttg 'rusaknya rpw' bukannya malah miss old rp. gue jg kangen sm old rp cuma gue sadar rp tuh ga akan balik lagi kek dulu kecuali ada keajaiban.rp yg saling bash? gue akui skrg makin banyak dan keterlaluan tapi itu tergantung individunya mz mb, masih banyak rp kalem yg ga main bash ga sok pemez masih banyak. lagian klo gamau dibash ya jangan jjkp jangan copas dn orang jangan sok pemez jgn ngejable di ru salah sendiri itumah mancing buat di bash.

    ReplyDelete
  29. baru buka bbm taunya banyak bgt bc ttg postingan blog ini wk heboh kali. salam kenal gue jg main rp dr 2012 dan gue jg kangen sm old rp, kangen dramanya,atitudenya dll.emang sih rp skrg pada OOC, dan gue termasuk rp yg ooc di bbm. orang2 pd pake dn yg ganyambung sama chara-nya, dan itu dianggap gaul. pertanyaan gue, emang salah klo rpw berubah? zaman berubah coy jelas rpw jg berubah makin lama makin kekinian. kalian yg gasuka rp berubah kalem aja rp gabakal bisa balik ke tahun 2012 kecuali kalian punya mesin waktu noh. klo masalah rp 2015 makin kesini makin rusak ya harusnya posting ttg 'rusaknya rpw' bukannya malah miss old rp. gue jg kangen sm old rp cuma gue sadar rp tuh ga akan balik lagi kek dulu kecuali ada keajaiban.rp yg saling bash? gue akui skrg makin banyak dan keterlaluan tapi itu tergantung individunya mz mb, masih banyak rp kalem yg ga main bash ga sok pemez masih banyak. lagian klo gamau dibash ya jangan jjkp jangan copas dn orang jangan sok pemez jgn ngejable di ru salah sendiri itumah mancing buat di bash.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue bahkan nggak tau postingan blog gue dijadiin broadcast bbm-_- SAMA SIAPA, ASTAGAAAA?

      pantes daritadi notif email bunyi mulu.

      maaf, tapi disini gue nulis rusaknya rpw juga sekaligus membandingkan pengalaman ketika rp dulu masih jadi sarana "pemasyarakatan artis" ke fans.

      Delete
  30. Yaa gua juga setuju walaupun gua baru ngRP bulan juni kemaren. Gua ngerasa semakin kesini semakin banyak yg berubah. Kontaknya aja pada kacang ngirim bc kek makan 3x sehari, pas di chat diajak kenalan dikira JJKP lah sksd lah gk nyapa dibilang kcang di tegur D awet ru deres😂 gua kangen orang2 yg gua kenal pas pertama main rp dulu. Intinya rp skrg itu egois ga ramah ke rp lain intinya EGOIS.

    ReplyDelete
  31. Gua setuju banget! Yaa walaupun gua baru beberapa bulan ngeRP. Sekarang mah kontaknya pada kacang semua, liat umpan pada sindir sindiran, ada yang ngajakin bestiean&famstiean tapi cuma tahan beberapa hari doang terus ngilang_-

    ReplyDelete
  32. yah namanya juga jaman, nggak mungkin selamanya sama kan, kalo boleh bilang miss old rpw boleh dong aku bilang miss 2000-an lifestyle, aku sih udah lama gak main rp, yah satu semester lah, dan aku yakin pasti ada banyak perubahan
    hidup ini dinamis, yah bukan berarti aku suka sama rpw yg ada sekarang, tapi yahh gitu deh, bingung mau bilang apa

    ReplyDelete
  33. Aduh ini kenapa ngena banget ya:((
    Ya walaupun gue bukan rp 2010-2012, tapi 2014, gue bisa banget ngerasain perbedaan rp setahun belakangan.

    Kaya dulu gue masih anget2nya nge rp dapet banyak banget bestie, walaupun free agency. Dan walaupun ada kata2 yg "melenceng" tapi mereka masih pada sopan2 (secara gue main chara 92). Tapi sekarang, gue speechless. Tiap buka bbm isinya broadcast semua. Udah gitu, sering banget yg namanya saling bash, saling sindir, bahkan berantem di RU antar agency wkwk.

    Udah ah malah curhat gue, btw authornya kerenn

    ReplyDelete
  34. Gua rp bbm 2012. Yaa rasanya emg beda. Dulu itu.. gimana ya. Ya bener. Skrg gua jadi males nge rp gegara pada kacang. Dulu itu klo kenalan nyebut nama artis. Posisi. Ya gitulah kek promoai artis trus ngupdate. Lah sekrang. Cari aja gugel. Haha sedih. Moral jg berkurang. Bener yd dimana" yg muda semena" sm yg tua. Gua harap yg baru bge rp bs ngejalanin rp dulu

    ReplyDelete
  35. Meskipun aku termasuk penghuni rpw baru (2014 akhir), aku ngerasain perubahan itu.
    Aku kangen pas baru main, jarang kacang, mudah berbaur dsb
    Kalo masalah ooc, dulu aku selalu share info tapi sekarang udah males, infonya juga udah mulai jarang dan yeah sekarang aku lebih sering nge-post ooc. Tapi masih dalam hal tentang rp.
    Banyak yang milih chara yang di mainin karena cantik/ ganteng, kalo ada yang lebih cantik/ganteng langsung ganti chara.
    Atau gak sengaja biar dapet kopel rp tertentu.
    Dan yang paling menyebalkan dari newbie yang nganu/? adalah mereka masuk rpw biar dapet kopel yang real cowo(istilah kasarnya ya JJKP)
    Pertama pm langsung tanya 'Kamu TG bukan?'(dan sejenisnya)
    Kan nganu sekali. Males ngeladenin orang yang main rp mandang gender rl.
    Ada yang udah deket tiba2 kaya gak saling kenal gara2 tau gender rl.

    Gak kepo tentang rl itu lebih enak.
    Sekian dan terima kasih/? :v

    ReplyDelete
  36. Gua juga rp taun 2012, rp banyak berubahnya mangkanya gua off dari 2tahun lalu. Tapi cang masih ko temenan sama rl anak k-popers yang main rp, dia juga kata rp makin lama makin parah

    ReplyDelete
  37. Bener bangett >< malah kalo menurut gua rp sekarang mainnya salah sedikit,report/? --a
    Dibash lah,yang tadinya deket bisa jadi musuh astaga -,-

    ReplyDelete
  38. Setuju gua mah ,rp sekarang ngeri aned ,yg punya masalah satu ,yg nge bash ampe bejibun

    ReplyDelete
  39. Setuju bat. Gua main rp dari 2012 di kenalin saudara, dia sering cerita rpw itu seru dan akhirnya gua main rp di bbm. Pas gua main rp tuh enak, seru. Gua sempet long hiatus dan back oktober 2013, pas gua on lagi, jujur ya jujur, gua ngerasa ada sedikit perbedaan. Bukannya gua ngatain rp 2013 ya, tapi gua masih enjoy karna anak rp nya menurut gua masih sopan lah kyk anak 2012, dan pas masuk pertengahan 2014 gua ngerasa beda banget. Beda total. Mereka lebih banyak katjang. Dulu kontak sedikit yang nge chat bejibun ramenya bukan main coba sekarang, kontak banyak rame bc. Gua bingung, mereka di rpw itu bc mulu buat apa? spam iya. Rpw sekarang udah ancur. Mereka pada adu famous. Buat grup yadong, agency, sq, geng cuma buat nama mereka terkenal, dipandang sama semua rp, dan mereka ga pikir apa yak kalo mereka masuk sq yadong dan ngelakuin 'sex' bikin nama idol yang mereka fake itu tercoreng? Emang mereka kira rp itu ladang prostitusi? Apa lagi sekarang dn udah kyk apa tau. Jiplak dn sedikit aja "Sorry ya itu dn prev gua" maunya apa coba-_-. Kalo dia punya surat hak cipta dari negara baru boleh dah dia ngomong kyk gitu. Dulu ya kalo nc itu kan bisa need chat, need couple lah sekarang nc di kira need couple. Dulu nyari fams tuh gampang, solid solid lagi lah sekarang mah apa, rp famous di temenin yang gak famous di kacangin. Dulu kalo ada yang need couple, di bantuin, sekarang mah di katain jjkp lah cabe lah apa lah bahasa kasar keluar semua. Sekarang kalo nge jebe pm dibilang sksd, maunya apa. Kalo maen tod, terus pilih t pasti aja ada yang nanya 'pernah naena? kapan? sama siapa?' lu kira apaan. Gua udah bener bener jijik sama rp sekarang. Banyak katjang, bc dimana-mana, sq yadong dimana-mana, agency gaje dimana-mana, geng gaje dimana-mana. Andai aja rp 2012 bisa balik. Kalo bisa balik sumpah gua seneng parah.

    ReplyDelete
  40. Setuju bgt gue mah,skrgn malah bnyk agency yd,sex atau apalah itu/? Haha,iya memang perubahan itu pasti ada,tapi perubahan yg terjadi itu bukannya malah semakin baik tapi malah memburuk..sedih hayati

    Sekian dan terima kasih/?

    ReplyDelete
  41. Setuju banget.. aku aja udah mulai gk nyambung sama obrolan para newbie.. apalagi pas pengen ngedrama gk ada respon.. malah kaya bincang2 doang.. T^T
    trus banyak rp cewek yg sifatnya murahan gitu... kan bikin gk nyaman..

    ReplyDelete
  42. Gua juga rp 2012. Dan gua juga ga nyaman sama situasi rp sekarang. Tapi menurut gua ga yg harus disalahin disini. Dari awal kebentuk juga di rp itu ga ada rules apa2 yg melarang dan mengharuskan kita ngelakuin ini itu. True? Dan lagi anak rp yg baru muncul juga ngikutin anak rp dulu, ga mungkin mereka baru masuk dan seenaknya di rp, mereka juga liat gimana anak rp yg lama. Kalo anak rp yg lama ga gitu, mereka ga mungkin juga kek gitu. Bukannya nyalahin old rp, cuman ya mending kalian intro diri sendiri dah. Benerin dulu diri sendiri baru komentarin orang. Thanks

    ReplyDelete
  43. Bener banget, aku ikut rp thun 2013 lah..nah eaktu bulan juli 2014 semuanya berubah sampe sekarang, dlu bisa punya banyak fams sama sahabat, bahkan sampai berteman real dan menjalin persaudaraan lewat roleplayer juga..tapi sekarang berubah, semua ga bsa diajak kerja sama, klo nge bc pasti tentang sex ato anniv dan akun sosmed realnya ... kalau dulu lebih ke nge drama gitu, makanya betah banget di rp... #MissOldRPW

    ReplyDelete
  44. Setuju banget, gua mulai main rp juga tahun2012-2013 setelah itu gua tinggal hiatus sampai satu tahun dan gua balik tahun 2015, semua bener bener berubah, entahlah apa yg berubah gua juga gabisa nyebutinnya saking banyaknya, yang bener bener terasa itu sih kalo roleplayer ngeshare tentang OOC pasti lebih diperhatiin dibanding roleplayer yang ngeshare info tentang idolanya, juga sekarang cari teman di rpw itu susah, rp pada songong semua

    ReplyDelete
  45. Ini udah 2018 dan bisa dibayangin sendiri seberapa parahnya rpw sekarang :) hell.. saya sudah main rp dari 2012 juga dan saya bisa rasain yang kalian semua rasa. Jangan jauh2 ke twitter, fb, dll. Coba buka aja line. Gabung. Cari lpm yang mana biasanya orang bikin itu buat sharing berbagai hal dan...ya kalian akan tau sendiri :) bbg? Ddk? Sex group? Tiada hari tanpa itu semua :) karena itulah saya pun bertekad buat masuk kedalam rp internasional juga karena menurut saya pribadi rp internasional yang masih JAUH lebih baik ketimbang rp indonesia yang para pemainnya rata2 sd, smp, sma (bahkan udah lumayan jarang ketemu sma) tapi bahasanya frontal, kasar, dan.. menjijikkan :) bahkan ada orang yang contohnya seperti,, dia itu charain irene tapi dn nya nama asli dia, kaya misalnya salsa, dewi putri, dll. Suka heran.. gara2 nama aja rasanya kalo mau ngechat dia itu kaya.. apa gitu hahaha. Parahnya lagu ada chara jungkook dnnya alia dan bahasa yang digunakannya dalam chat itu imut2. Tolong. Sejak kapan jungkook begitu? Ok, dia alia bukan jungkook xD lmao. Everything has changed and we can't even do smth to fix it till now. Just behave and avoid it.

    ReplyDelete