Friday, May 25, 2012

kangen upacara dengan segala keeksotisannya tersendiri

gue punya tetangga tapi dibilang tetangga juga bukan soalnya kami dekeeeet banget udah kek sohib merangkup saudara *gatau bahasa yg lebih bagus gimana* dan menurut gue diantara sohib-sohib sekompleks perumahan gue yg lain mereka ini adalah yang paling eksotis. Oh iya gue lupa kasih tau nama mereka siapa.
Kenalkan (?), Diandra dan Annisa! *standing applause*

Mereka itu keturunan pribumi. Pokoknya made in Indonesia benjet deh. Diandra itu princess of Jogja nah si Annis ini kembang van West Java (maksudnya mojang Jawa Barat gitu, Sunda sunda gituuuu).
Mereka punya kesamaan selain wajah manis dan kulit chocolate skinny *emang ada?* yaitu selalu ngomong pakai bahasa daerah dikeluarga mereka. Mungkin lu pada masih biasa gitu.
tapi dikompleks gue jarang banget yang masih pakai bahasa asal, soalnya kebanyakan udah keblenger kota jadinya rata-rata ya pake bahasa Indonesia semua.

Malaaaaah ada yang saking keblenger kotanya sampe lupa sama kebudayaan daerah sendiri yang dalam hal ini adalah bahasa. kaya keluarga gue contohnya. Yang bisa bahasa daerah dikeluarga gue ya cuma Papa (Batak) dan Mama (Jawa) lah anak-anaknya? Indonesia aja kadang blepotan =___=V

Nah makanya itu gue kagum sama Dhie & Annis. Ngga tau ya, menurut gue orang Indonesia yang fasih berbahasa daerah itu eksotis meski terkadang aksen mereka dan sebagian kalimat dalam bahasa yg dipakai itu agak aneh ditelinga gue cuma ya...disitu letak keeksotisannya.

satu lagi keeksotisan mereka adalah mereka selalu semangat kalau ikut upacara. pas gue tanya alasannya sih mereka ngga pernah sok neko-neko ngejawab pake bahasa lebay, Annis cukup ngejawab "upacara bendera disekolah itu bagi gue Indonesia banget. dan gue bangga"

dan lu tau? saat ngedenger kalimat jawab dia, gue mendadak kangen suasana upacara bendera dilapangan sekolah. lengkap dengan pengibaran sang Saka Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan UUD, terus pembacaan Pancasila. Oohh...

No comments:

Post a Comment